Cara Melatih Kecerdasan Anak, Ajukan 5 Pertanyaan Ini

0
151

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap orangtua pasti anaknya mempunyai kecerdasan yang tinggi bahkan harus lebih cerdas dibanding ayah bundanya. Salah satu cara untuk merangsang kecerdasan anak adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang baik dan tetap.

Mengapa pertanyaan? Sebab beberapa pertanyaan yang “cerdas” akan membutuhkan daya berpikir lebih dari yang lain. Hal ini juga akan meningkatkan daya pikir dan imaginasi anak anak.

Lalu pertanyaan seperti apa yang dapat merangsang sel otak dan kecerdasan anak? Berikut ini yang bisa ayah bunda lakukan pada ananda:

  1. Apa yang kamu perhatikan dan menarik dari benda …….?

Dengan menjawab pertanyaan ini maka anak akan belajar menggunakan ke 5 panca indranya dengan baik dan maksimal.

  1. Apa yang kamu perhatikan ketika……….?

Pertanyaan ini akan membuat anak mengetahui sebab akibat, misalnya ketika bunga atau tanaman tidak disiram maka akan kering dan layu. Sebab tanaman perlu air.

  1. Menurut kamu bagaimana kalau………..?

Dengan menjawab pertanyaan ini anak akan menggabungkan pengalaman sebelumnya dan pengalaman saat ini. Ia dapat membandingkan pengalaman tersebut.

  1. Apakah hal ini mengingatkanmu pada…………..?

Dengan menjawab pertanyaan ini maka anak akan kembali mengingat hal yang telah terjadi sebelumnya. Dengan demikian ia bisa menggali lagi jika terjadi ini maka nanti akan begini.

  1. Mengapa hal itu bisa terjadi………?

Dengan menjawab petanyaan ini maka anak akan menjadi tahu. Misalnya tentang terjadinya hujan, banjir dan beberapa fenomena alam lainnya.

Mengajukan 5 pertanyaan di atas memiliki beberapa tujuan. Pertama, ketika kita bertanya kepada anak pertanyaan-pertanyaan ini maka kita belajar tentang apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka pahami.

Kita dapat mendengar apa yang mereka pikirkan dan bagaimana mereka memahami sesuatu. Setelah kita mendengarkan ide-ide mereka, kita dapat memulai percakapan untuk membantu mereka belajar lebih banyak.⁣

Tujuan kedua dari mengajukan pertanyaan adalah agar anak-anak kita belajar dari pertanyaan yang didapatnya. Ketika anak-anak mendengar pertanyaan, mereka harus memikirkan bagaimana menjawabnya yang akhirnya anak dapat mengubah ide-ide di pikirannya menjadi kata-kata.

Jadi sebaiknya ayah bunda dalam mengajukan pertanyaan jangan sekedarnya saja, atau pertanyaan yang mudah dan telah diketahu jawabannya tanpa berpikir. Yuk kita coba mulai sekarang!!. [ ]

Sumber: pbs.org

5

Redaksi: admin

820⁣

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini