Begini 3 Cara Mengajarkan Konsep Puasa Pada Si Kecil

0
37

PARENTINGISLAM.ID – – Bulan Ramadan menjadi bulan yang dinanti-nanti umat Muslim. Untuk itu, Bunda sebagai orang tua harus bisa memberikan contoh berpuasa dan bagaimana menjadi sosok muslim yang baik, supaya si kecil bisa menirunya dan terbiasa hingga ia dewasa.

Bila anak sudah memasuki usia 3-5 tahun, Bunda bisa lebih dalam mengajarinya kebiasaan saat beribadah dan manfaat dari berpuasa. Mari kita simak cara mengajarkan konsep puasa pada anak.

1. Jangan Paksa Anak Berpuasa

Kebutuhan nutrisi orang dewasa dan anak tidak sama. Sehingga jangan paksa ia berpuasa sampai senja. Binda bisa pelan-pelan mengajarkan anak berpuasa secara bertahap. Misalnya, di bawah usia 5 tahun, anak bisa puasa sampai jam 10 pagi atau sampai jam 12 siang. Setelah ia mulai besar dan mampu menahan haus serta lapar, barulah ia bisa berpuasa penuh.

2. Ajari Untuk Menghormati Orang Lain

Ajak anak melakukan kebaikan pada orang-orang di sekelilingnya, misalnya membagikan makanan pada tetangga atau memberi sumbangan pada orang yang kurang mampu. Ajarkan anak juga agar tidak makan dan minum di depan orang yang berpuasa sebagai bentuk toleransi. Dengan menanamkan hal tersebut sejak kecil, anak pun akan mengerti nilai-nilai berpuasa.

3. Libatkan dalam Segala Kegiatan Puasa

Agar anak lebih semangat puasa, ajarkan ia melakukan berbagai kegiatan. Contohnya, menyiapkan sahur dan berbuka, ikut salat di masjid, dan lainnya. Setiap jam 3 atau 4 sore, ajak ia ngabuburit dengan melakukan aktivitas seru. Dengan begitu, anak pun akan merasa bahwa puasa merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Sumber : parenting.orami.co.id

4

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini