Tips Ampuh untuk Mengatasi Demam pada Anak

0
102

PARENTINGISLAM.ID – – Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh orang-orang, tidak terkecuali anak-anak dan bayi. Pada umumnya demam bukanlah asalah kesehatan yang serius dan perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Sebenarnya, dengan penanganan yang cepat dan tepat maka demam bisa disembuhkan tanpa harus membawa anak ke rumah sakit. Untuk mengatasi demam pada anak dengan cepat dan tepat, Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Rawat Anak dengan Tenang

Agar anak dapat segera sembuh, pastikan juga agar Bunda merawat si kecil dengan tenang. Semakin Bunda panik dan khawatir dengan kondisi anak, maka bisa membuat anak semakin stress dan depresi sehingga demam pada tubuhnya tak kunjung turun.

Para ahli mengemukakan jika ketika seseorang sakit dan pikirannya takut, cemas, serta stress maka dapat membuat sakit yang dideritanya semakin parah.

2. Mengompres Dahi dengan Air Hangat

Untuk menurunkan panas demam anak, hal yang dapat Bunda lakukan adalah mengompres dahi anak dengan air hangat. Jika anak merasa tidak nyaman dikompres dengan air hangat, maka Bunda bisa mengompresnya dengan air dingin.

3. Mandi Air Hangat

Selain itu, ajaklah anak untuk mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membantu demam pada tubuh anak turun secara perlahan-lahan.

4. Hindari Memberikan Pakaian Tebal

Hindari memberikan pakaian yang tebal kepada anak karena hal tersebut hanya akan membuat tubuhnya semakin demam atau panas. Serta pastikan untuk memberikan pakaian yang membuat tubuh anak nyaman dan panas tubuh bisa cepat keluar.

5. Banyak Makan dan Minum

Berikan juga makan dan minuman yang bergizi kepada anak. Asupan nutrisi yang cukup akan membantu anak dalam mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan kuat.

6. Waktu Istirahat Cukup

Selain itu, pastikan agar anak memiliki waktu istirahat yang cukup ketika ia sedang demam.

Jika demam tak kunjung turun, maka berikanlah anak obat penurun demam. Akan tetapi jika demam tak kunjung turun setelah 2 – 3 hari juga, maka segera melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan anak ke dokter atau klinik terdekat.

 Sumber : fimela.com

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages : Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

901

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini