Meningkatkan Rasa Patuh Anak Kepada Orangtua

0
51

PARENTINGISLAM.ID – – Semua orangtua pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi yang mempunyai tingkah laku yang baik dan patuh pada orangtua. Agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi dengan akhlak yang baik, maka sangat diperlukan peran orangtua dalam membimbing dan mendidik anaknya. Mendidik anak pun harus dibiasakan sejak dini, karena semakin besar usia anak biasanya akan semakin sulit untuk membentuk perilaku anak.

Dalam mendidik anak pun kita sebagai orangtua tidak boleh menggunakan kekerasan yang justru malah akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang kasar sesuai dengan apa yang ia terima setiap harinya. Orangtua harus sabar dan penuh kelembutan dalam membimbing anak-anaknya karena keluarga merupakan cerminan nyata bagi anak.

Untuk mendisiplinkan dan meningkatkan rasa patuh anak, kita bisa memulainya dengan rumus 4K, sebagai berikut.

1. Keakraban

Ciptakanlah suasana yang akrab dalam berinteraksi dengan anak. Terdapat dua sarana yang dapat menciptakan keakraban antara anak dan orangtua menjadi lebih erat adalah dengan membiarkan anak mengeluarkan keluh kesah mereka (curhat) kepada Bunda, serta perbanyaklah waktu luang bersama dengan mereka. Jadikanlah Bunda sebagai wadah untuk menampung segala keluh kesah dan isi hati anak.

2. Ketegasan

Pada hakikatnya, definisi ketegasan disini adalah bersikap tegas kepada anak (bukan dalam arti keras) serta adanya penerapan aturan dan konsekueni yang jelas. Apabila anak berbuat salah atau melanggar atura, maka ia harus menerima konsekuensi atas perbuatan tersebut. Dan sebagai orangtua, lakukanlah hal tersebut secara tegas.

3. Kepahaman

Kita juga sebagai orangtua harus memiliki kepahaman terhadap anak. Jika kita menghormati anak, maka ia akan menghormati kita juga. Jika anak berbuat salah, jangan langsung memarahi dan menyalahkan anak. Sebaiknya kita tanyakan alasan dibalik tindakannya itu. Dengan begitu, kita sebagai orangtua juga akan tumbuh menjadi orangtua yang selalu memahami anaknya.

4. Keterlibatan

Libatkanlah anak dalam setiap obrolan Bunda. Bunda juga dapat melibatkan anak dalam menetapkan solusi dari masalah yang terjadi. Dengan mengajak anak terlibat dan berunding dalam menyelesaikan masalahnya, Bunda dapat memberikan ruang kepada anak untuk mengeluarkan segala pendapat dan solusi yang mungkin ia pikirkan.

Sumber : IG @parenting_islam.id

3

Red: admin

Follow juga akun sosial media kami

Instagram : @parenting_islam.id

Fanspages :Parenting Islam ID

Youtube : Parenting Islami

899

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini