Cara Mengatasi Pergaulan Bebas,Ini Yang Harus Ortu Lakukan

0
222

Diasuh oleh: Alva Handayani,M.Psi*

Salam. Maaf mau bertanya, darurat. Serius tanya,Cara menyembuhkan anak SMP yang sangat bandel, sudah kenal minuman alkohol, pergaulan bebas, nyuri barang ortu sendiri. Di nasehatin halus kasar sudah tidak bisa, di kerasin tidak mempan. Bagaimana jalan keluarnya?  Terima kasih sebelumnya ( @zul**** via ig )

Wa’alaykumsalam bunda Zul….

Saya mengerti kondisi ‘darurat’ yang dialami. Tentunya sudah berbagai cara bunda lakukan untuk menasihati buah hati, tapi perilaku anak sepertinya sudah tidak terbendung lagi ya?

Kalau dari gejalanya, memang sudah mengarah pada kenakalan remaja dimana pengaruh kelompok teman sebaya sudah sangat kuat.

Semoga memang baru kenal alkohol ya bun .. karena beberapa anak berusaha mengikuti ‘aturan’ kelompok dengan melakukan apa yang menjadi kebiasaan kelompok. Tapi mengingat alkohol itu sifatnya addiction, kita tidak ingin Ananda sampai kesana ya .. karena itu berbahaya.

Beberapa hal ini bisa lakukan untuk masa depannya:

1.Jika memungkinkan, pisahkan anak dari kelompoknya. Lakukan dengan tegas, tanpa kompromi.

2.Pilihan lain adalah memasukkan dia ke rehabilitasi, karena di sana ada banyak professional dan ahli yang menangani.

3.Jika belum ingin melakukan tindakan sampai ke sana, sebaiknya bunda datang ke psikolog, agar bisa digali permasalahannya lebih dalam dan dicarikan alternativf tindakan yang spesifik untuk ananda

Doa saya dan sahabat-sahabat parenting semua untuk ananda dan bunda. Semoga ke depan lebih baik ya bun .Semoga. [ ]

Sampaikan pertanyaan sahabat parenting  melalui  in box di  instagram : @parenting_islam.id atau melalui Fans Page Facebook Parenting Islam  di link berikut ini : fanspages :Parenting Islam ID

*Rubrik konsultasi parenting ini diasuh oleh Alva Handayani, M.Psi seorang psikolog profesional , konsultan, narasumber dan penulis buku .

Follow Juga Akun Sosial Media Kami

Instagram : @parenting_islam.id 
Fanspage :Parenting Islam ID 
Youtube : Parenting Islami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini